Wednesday, July 28th, 2021

Mengenal Penyebab Purpura Simplex atau Kondisi Memar Pada Tubuh

Sering mengalami memar pada beberapa bagian tubuh merupakan kondisi yang menghawatirkan bagi sebagian orang yang awam akan kesehatan. Keadaan ini sering dialami ketika bangun tidur, bahkan ada yang mengatakan bahwa keadaan ini merupakan buatan jin bagi mereka yang mempercayainya. Namun kepercayaan tersebut harus ditepis dan dikikis habis, karena dapat dibuktikan secara medis.

Menurut medis, hal ini dikarenakan oleh beberapa penyebab khusus, baik yang disadari atau tidak. Purpura simplex biasanya menyerang beberapa organ tubuh, seperti paha, lutut, lengan, bahkan dada. Untuk lebih jelasnya, anda dapat menyimak beberapa hal yang menyebabkan purpura simplex.

Penyebab purpura simplex atau memar pada beberapa bagian tubuh.

1. Trombositopenia

Faktor pertama yang dapat menjadi penyebab purpura simplex yaitu karena mengalami trombositopenia. Keadaan ini merupakan sebuah kondisi tentang trombosit dalam darah yang jauh dari kata normal. Adapun gejala yang ditimbulkan dapat berupa memar, namun ada juga beberapa gejala lain yang menyertai seperti pendarahan ketika buang air kecil atau buang air besar.

2. Leukimia

Produksi sel darah putih yang banyak bahkan mengurangi jumlah sel darah merah merupakan salah satu penyebab munculnya purpura simplex. Leukimia juga sering disebut dengan kanker darah, yang ditandai dengan munculnya darah putih yang tidak terkendali.

3. Ketegangan Otot

Penyebab purpura simplex atau kondisi memar terhadap beberapa bagian tubuh yaitu ketegangan otot. Kondisi otot yang tegang akan membuat beberapa organ tubuh menjadi kram, yang juga disertai dengan perubahan warna kulit, sesaat tidak terasa nyeri, namun seiring berlalunya waktu akan terasa nyeri dan kaku.

Keadaan otot yang tegang juga dapat terjadi saat anda beristirahat di malam hari. Ketika siang sudah beraktifitas penuh, dan ketika bangun pagi tiba tiba tubuh terasa nyeri dan memar di beberapa bagian tubuh.

Dari uraian tentang penyebab purpura simplex di atas dapat anda jadikan sebagai refrensi yang dijadikan sebagai patokan akan kondisi kesehatan anda. Jika anda mengalami memar saat bangun tidur dan tergolong sering, maka sebaiknya anda memeriksakan kesehatan pada dokter atau tempat kesehatan terdekat dari rumah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *