Friday, June 11th, 2021

Yuk Kenalan dengan Equity Crowdfunding, Cara Baru Investasi Selain Saham

Siapa bilang investasi perlu modal yang besar? Namun itu merupakan sebuah asumsi zaman dahulu. Tentunya berbeda dengan zaman sekarang yang jauh berbeda. Inovasi teknologi tidak hanya menjadi sebuah pemenuh kebutuhan sehari hari, namun sebagai inovasi yang membuat para pemmuda menjadi seorang investor. Simak info lengkap mengenai  Equity Crowdfunding berikut!

Apa Sih Prinsip Dasarnya?

Apabila dilihat dari namanya, dapat diketahui bahwa sesungguhnya equity crowdfunding berhubungan dengan mengumpulkan dana yang berhubungan dengan banyak orang. Pada umumnya, equity crowdfunding dapat diartikan sebagai cara baru untuk berinvestasi, dimana sebuah perusahaan swasta dapat meningkatkan modal yang dimiliki melalui penjualan sekuritas (saham, bagi hasil, catatan konversi, hutang, dan lainnya).

Mungkin dulu sering terdengar istilah lain dari crowdfunding, yaitu Kickstarter atau IndieGogo. Cara kerja yang diberikan oleh equity crowdfunding bias dibilang sama. Modal yang diminim dapat dijadikan sebagai investasi, sehingga membuka peluang besar pada siapapun itu. Hanya saja dalam equity crowdfunding, karena yang dijual adalah sekuritas, maka para pemberi dana akan menjadi investor, yang artinya kamu diberi kepemilikan dari perusahaan yang kamu danai.

Apa perbedaannya dengan Investasi Saham biasa?

Terdapat dua masalah yang biasanya dihadapi oleh perusahaan dan juga kita yang ingin sekali untuk  investasi dari berpartisipasi di pasar saham, yaitu:

  • Bagi perusahaan kecil akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan stake-holders, karena belum bisa IPO (Initial Public Offering)
  • Besar dana yang diinvestasikan terbatas, sehingga mebutuhkan modal yang tidak sedikit (seringkali butuh modal yang besar)

Equity Crowdfunding kini menjadi sebuah solusi di tengah masalah tersebut. Start-up dan perusahaan lain yang tergolong lebih kecil jika dibandingkan lainnya  dalam Equity Crowdfunding dan juga dapat menentukan batas minimum dan maksimum harga sekuritas yang ditawarkan secara pribadi. Kamu bisa lebih rendah dari biasanya harga saham di pasar saham. Hal ini dapat diartikan, kita sebagai investor dapat leluasa menanam modal dengan ukuran yang lebih kecil.

Darimana kita memulai Equity Crowdfunding?

Bagi kamu yang ingin memulai karir melalui equity crowdfunding caranya sudah dipastikan sangat mudah. Kamu perlu mencari lembaga equity crowdfunding yang memiliki ijin resmi dari OJK melalui internet dan mulai membuat akun. Untungnya buat kamu, di Indonesia sekarang sudah ada platform equity crowdfunding Indonesia yang berizin OJK yaitu Amartha.com!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *